Informasi Seputar produk Bank dan Asuransi di Indonesia

Pengertian Asuransi Pendidikan dan Manfaatnya Untuk Kita

Pengertian Asuransi Pendidikan dan Manfaatnya - Hari ini kesadaran berasuransi di Indonesia sudah meningkat. Masyarakat mulai sadar jika asuransi adalah hal penting yang harus dimiliki. Ada banyak macam jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, mulai asuransi hidup, asuransi kesehatan, asuransi rumah, asuransi kendaraan dan yang juga sangat penting adalah asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan berguna untuk menjamin kelangsungan sekolah anak-anak kita di masa depan. Asuransi pendidikan berbeda dengan tabungan pendidikan.

Pengertian asuransi pendidikan yakni bentuk asuransi ditambah investasi untuk tujuan pendidikan, sementara tabungan pendidikan yaitu investasi untuk tujuan pendidikan yang dikover asuransi. Asuransi Pendidikan adalah salah satu solusi cerdas untuk para orangtua yang menginginkan suatu jaminan adanya biaya pendidikan bagi buah hati saat mereka dewasa kelak. Asuransi pendidikan memiliki tujuan utama mengalihkan resiko buah hati kita tak dapat meneruskan pendidikan bila terjadi sesuatu hal yang menyebabkan kita sebagai orang tua tak mampu lagi bekerja.

Keuntungan Ansuransi Pendidikan

asuransi, keuntungan asuransi pendidikan, manfaat asuransi pendidikan, pengertian asuransi pendidikan dan manfaatnya,


Sebagai biaya mengalihkan resiko tersebut maka kita mesti membayar premi atau iuran. Sehingga tujuan asuransi pendidikan ini memang bukan untuk menjadikan dana yang kita bayarkan dalam bentuk premi meningkat banyak, akan tetapi lebih kepada tujuan antisipasi. Asuransi secara umum dapat dimisalkan sebuah payung yang berguna menjadi pelindung saat panas dan hujan. Bila memang tak terjadi hal-hal buruk pada kita sebagai orang tua maka dana yang dibayarkan ke asuransi tersebut hilang.

Asuransi pendidikan sendiri menawarkan dua manfaat yakni manfaat perlindungan sekaligus investasi. Manfaat perlindungan akan menanggung resiko kematian peserta asuransi dengan menjanjikan dana sejumlah tertentu. Santunan yang diserahkan pihak asuransi bila terjadi kematian umumnya sudah disesuaikan dengan biaya pendidikan anak yang tertera dalam polis. Asuransi pendidikan mempunyai ciri khas yakni pengambilan investasi dapat mengikuti waktu mulai masuk sekolah anak. Dengan asuransi pendidikan maka biaya pendidikan anak akan selalu terjamin kendati orang tua yang akan membiayai sekolah meninggal.

Sedangkan pengertian asuransi pendidikan syariah adalah asuransi pendidikan yang mekanisme pelaksanaannya harus berdasar prinsip Islam. Dalam asuransi pendidikan syariah berlaku prinsip membagi resiko. Artinya resiko yang timbul dari peserta akan dibebankan bersama seluruh peserta dan begitu juga keuntungannya pun akan dibagi untuk semua peserta. Jadi bila memang tak terjadi apa-apa kepada pembayar premi, uang premi yang dibayarkan akan dikembalikan beserta dengan perolehan keuntungan bila memang ada.
Pengertian Asuransi Pendidikan dan Manfaatnya Untuk Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown