Informasi Seputar produk Bank dan Asuransi di Indonesia

Mengenal Tugas dan Fungsi Customer Service Bank

Mengenal Tugas dan Fungsi Customer Service Bank - Kebanyakan nasabah bank mungkin menganggap jika customer service merupakan sumber informasi sebuah bank. Meskipun dalam praktiknya tugas customer service bank pun termasuk melayani nasabah dalam urusan perbankan. Seorang customer service bank harus mempunyai pengetahuan mendalam tentang hal-hal yang terkait dengan layanan dan produk bank, tahu informasi apa saja yang berhubungan dengan perekonomian secara umum, cepat tanggap dan ramah kepada nasabah.

Mengenal Tugas dan Fungsi Customer Service Bank


Seorang customer service dalam tugas kesehariannya harus bisa berfungsi dan bertugas sebagai :

1. Resepsionis
Maksudnya customer service bertindak menjadi penerima tamu dalam hal ini adalah nasabah bersangkutan. Untuk itu seorang customer service harus memiliki sifat ramah, simpatik, menyenangkan dan menarik. Customer service harus penuh perhatian kepada setiap nasabah yang datang, berkata-kata dengan tutur lembut dan mampu menjelaskan setiap permasalahan yang dihadapi nasabah dengan bahasa yang dimengerti nasabah.

2. Deskman
Pengertiannya adalah seorang customer service adalah wakil bank yang bertindak melayani berbagai jenis aplikasi yang diinginkan nasabah atau masyarakat yang ingin menjadi nasabah. Customer service pun dalam hal ini bertindak sebagai pemberi informasi menyangkut berbagai produk bank bersangkutan dan memberi rekomendasi produk yang sesuai dengan nasabah. Selanjutnya memberikan penjelasan atas pertanyaan yang diajukan nasabah tentang produk bank atau nasabah yang kesulitan saat melengkapi form aplikasi.

3. Salesman
Seorang customer service pun mempunyai fungsi lain menjadi salesman yang menjual produk-produk bank dan juga mencari nasabah baru sekaligus bisa mempertahankan nasabah lama. Mereka pun mesti mampu menyelesaikan tiap persoalan yang dialami nasabah tak terkecuali komplain yang diajukan nasabah.

4. Relation officer
Fungsi Customer service yang ini maksudnya adalah orang yang bisa menjalin hubungan baik antara pihak bank dan nasabah.

5. Communicator
Adalah orang yang harus menghubungi nasabah kemudian menyampaikan informasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan bank.

Demikian Mengenal Tugas dan Fungsi Customer Service Bank, semoga bermanfaat untuk anda
Mengenal Tugas dan Fungsi Customer Service Bank Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum